LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) Berbasis PjBL

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

Mata Pelajaran: Pendidikan Agama Islam

Materi: Shalat Berjamaah
Model Pembelajaran: Project Based Learning


Judul Proyek

Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Shalat Berjamaah


Tujuan Pembelajaran

Setelah menyelesaikan LKPD ini, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Memahami tata cara dan keutamaan shalat berjamaah.
  2. Menganalisis hikmah shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menghasilkan karya berupa poster digital atau video kreatif tentang ajakan shalat berjamaah.

Langkah-Langkah Kerja

Tahap 1: Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang kalian ketahui tentang shalat berjamaah?
  2. Mengapa shalat berjamaah memiliki keutamaan dibandingkan shalat sendirian?
  3. Bagaimana cara mengajak orang lain untuk semangat shalat berjamaah?

Tugas:
Tuliskan jawaban atas pertanyaan pemantik di bawah ini:

  • Jawaban 1:
  • Jawaban 2:
  • Jawaban 3:

Tahap 2: Penyelidikan

Tugas:

  1. Cari informasi tentang:
    • Tata cara shalat berjamaah.
    • Keutamaan shalat berjamaah berdasarkan hadis dan Al-Qur'an.
    • Hikmah shalat berjamaah bagi individu dan masyarakat.
  2. Sumber informasi: Buku, internet, dan diskusi kelompok.

Tuliskan hasil penyelidikanmu pada tabel berikut:

Aspek

Informasi yang Ditemukan

Sumber Informasi

Tata cara shalat



Keutamaan shalat



Hikmah shalat




Tahap 3: Perencanaan Proyek

Tugas:

  1. Bersama kelompokmu, tentukan bentuk proyek yang akan dibuat:
    • Pilihan 1: Poster digital.
    • Pilihan 2: Video ajakan shalat berjamaah.
  2. Buat rencana kerja kelompok:
    • Nama kelompok: _____________________________
    • Anggota: ________________________________
    • Pembagian tugas: ___________________________

Tahap 4: Pelaksanaan Proyek

Tugas:

  1. Kerjakan proyek sesuai rencana yang telah dibuat.
  2. Pastikan proyek yang dihasilkan memberikan pesan positif tentang shalat berjamaah.

Tahap 5: Presentasi Proyek

Tugas:

  1. Presentasikan hasil proyek kalian di depan kelas.
  2. Diskusikan pesan-pesan utama dari proyek kalian dengan teman-teman.

Tahap 6: Refleksi dan Penilaian

Refleksi Individu:

  1. Apa pelajaran yang kamu dapatkan dari proyek ini?
  2. Bagaimana proyek ini memotivasi kamu untuk rajin shalat berjamaah?

Penilaian Kelompok:
Guru akan menilai proyek berdasarkan:

  1. Kreativitas: _____________________
  2. Isi dan Pesan: __________________
  3. Kerja Sama Kelompok: __________

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi PABP Kelas 8 Semester 1